Ciri – Ciri Ketika Spul Motor Rusak

Ciri – Ciri Ketika Spul Motor Rusak

Dalam masalah kelistrikan kendaraan semacam lampu serta komponen listrik yang lain tidak dapat menyala sementara itu lampu baru ditukar. Permasalahan pada pengisian aki serta aki juga sering mengalami cepat tekor. Perihal ini bisa jadi penyebabnya dapat dari bagian spulnya. Spul sendiri ialah salah satu komponen terutama pada kelistrikan motor. Pada spul ini sediakan sumber tegangan bolak- balik “AC”. Oleh sebab itu dapat saja motor kamu tidak dapat hidup ataupun seketika mogok itu bersumber dari spul yang bermasalah ataupun rusak. Bisa jadi bila kamu masih pendatang baru dalam hal motor pastilah tidak mengerti tentang masalah- masalah kehancuran pada spul. Namun kehancuran pada spul dapat kamu tahu dengan metode memandang ciri- cirinya jika spul motor tersebut rusak sebab dibakar, berikut metode buat mengenali spul rusak.

Identitas Spul Motor Rusak

Buat identitas ataupun indikasi yang terjalin bila spul motor rusak umumnya lampu motor akan mati, pengisian aki menurun serta menimbulkan aki lebih mudah tekor. Karakteristik yang lain bila komponen spul ini dibakar yakni tidak mempunya alternator diberi beban listrik. Bila soket kiprok ke spul di lepas serta diukur dengan Voltmeter AC, terbaca voltasenya lumayan. Tetapi kala diberi beban ke kiprok serta diukur ulang, umumnya voltasenya drop, yang sehingga tidak terdapat arus yang masuk ke kiprok.

Karakteristik selanjutnya apabila spul rusak dapat dilihat langsung secara raga tetapi ini wajib memecahkan blok mesin ataupun membuka tempat spul terletak bila telah terbuka hendak nampak warna kabel spul jadi memerah serta apalagi mencuat warna gelap sisa dibakar. Umumnya nampak pula plastik dari angker/ rumah spul turut meleleh. Jika telah begini wajib ubah baru ataupun gulung ulang spulnya.

Metode Mengecek Spul Motor Rusak

Adapaun sehabis kita mengenali ciri- cirinya perihal yang selanjutnya gimana kita mengatasinya, nah berikut ini pembahasan sepenuhnya ialah:

Spul Pengisian

Pada biasanya kabel yang meliliki warna putih, jika spul ini rusak ataupun dibakar hingga pengaruhnya aki akan ngedrop hingga habis 2 – 3 kali, apalagi jika mengganti kiprok juga akan senantiasa sama sebab problemnya terdapat pada lilitan spul. Metode mengeceknya dapat dilihat dengan keadaan raga umumnya dibakar ataupun lilitan kawat putus, buat pengecekan secara akurat tanpa bongkar – bongkar gunakan avometer.

Setting di OHM/ Hambatan keadaan dingin temperatur mesin dekat 20 derajat, hubungkan soket merah avo dengan kabel putih spul serta soket gelap avo dengan kabel gelap hingga terbaca 0, 2– 1, 0 Ohm, bila lebih dari 1, 0 Ohm hingga disarankan ubah/ jika ingin dililit ulang tetapi tidak disarankan sebab efek tanggung pemakai.

Spul Penerangan

Kehancuran ekstrimnya lampu depan/ lampu utama tidak menyala ataupun lampu telah mulai redup, faktornya sama dengan spul pengisian dari lilitan putus ataupun dibakar. Metode pengecekannya dengan visual diukur dengan avometer temperatur mesin 20 derajat keadaan dingin supaya akurat.

Sebab yang dapat jadi contoh Jupiter Mx hingga warna kabelnya spul kuning dihubungkan dengan soket avometer warna merah setelah itu kabel gelap spul di hubungkan dengan soket avometer warna gelap, tadinya setting avometer di Ohm/ Hambatan, tahanan akuratnya 0, 2– 1, 0 Ohm lebih dari spesifikasi disarankan penggantian. Contoh spul yang dibakar berikut ini:

Pulser

Ini susah – susah gampang, sebab umumnya motor sulit hidupnya jika mesin masih dingin tetapi jika telah panas mudah hidupnya. Metode pengecekannya tidak dapat di plototin doang/ dilihat, mesti diukur gunakan avometer. Dengan temperatur biasa yaitu 20 derajat/ kondisi mesin dingin setting avo di Ohm tahanan yang diperoleh 250- 380 Ohm.

Demikianlah diatas sedikit ulasan tentang Ciri – Ciri Keika Spul Motor Rusak mudah- mudahan dengan terdapatnya pembahasan tersebut bisa bermanfaat serta berguna untuk kalian semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *