Harga Alat Buka Ban Motor Manual dan Spesifikasinya

Harga Alat Buka Ban Motor Manual dan Spesifikasinya

Alat buka ban motor manual merupakan salah satu alat perbengkelan yang banyak dicari, khususnya bagi para pengusaha pemula di bidang otomotif. Alat pembuka ban digunakan untuk melepaskan ban motor saat akan mengganti ban motor. Alat ini sangat memudahkan proses buka ban motor, sehingga banyak bengkel yang menggunakannya untuk mengganti ban motor.

Ban motor merupakan komponen penting pada motor. Kelayakan ban motor akan mempengaruhi performa motor saat dikendarai, sehingga kondisi ban motor perlu diperiksa secara berkala. Umumnya, ban motor mengalami penurunan performa dan perlu diganti ketika sudah mencapai jarak tempuh sekitar 12.000 kilometer.

Untuk mengganti ban motor diperlukan alat dan keahlian khusus. Pasalnya, melepas ban motor terbilang sulit bagi orang yang tidak memahami seluk beluk mengenai motor. Selain itu, saat pemasangan ban motor juga diperlukan teknik tertentu agar ban motor terpasang dengan tepat. Oleh sebab itu, sebagian besar orang memilih untuk mengganti ban motor di bengkel atau dealer resmi.

Spesifikasi dan Harga Alat Buka Ban Motor Manual

Di zaman yang serba mudah seperti saat ini, banyak jenis alat untuk membuka ban motor yang bisa Anda jumpai, mulai dari pembuka ban motor manual hingga yang menggunakan mesin. Bagi para pengusaha pemula, alat pembuka ban manual menjadi opsi untuk memudahkan usahanya. Pasalnya, harga dari alat manual tersebut terbilang lebih murah dibandingkan dengan alat pembuka ban otomatis. Namun, meskipun murah, hasil akhir dari alat pembuka ban manual terbilang cukup memuaskan.

Alat pembuka ban manual atau tyre changer manual memiliki berat rata-rata sekitar 18-kilogram dan bisa digunakan untuk velg ring atau jari-jari 10 cm hingga 19 cm. Alat ini bisa digunakan tanpa listrik dan angin kompresor sehingga bisa lebih hemat listrik. Selain itu, tyre changer Manual juga bisa memudahkan buka ban secara manual tanpa merusak velg motor.

Baca Juga: Alat Buka Ban Motor Praktis Untuk Usaha Toko Ban

Jika alat pembuka ban otomatis dibanderol dengan harga mulai dari belasan hingga puluhan juta rupiah, alat pembuka ban manual ini dibanderol dengan harga yang lebih murah, yakni mulai dari 1 juta rupiah. Oleh sebab itu, alat pembuka ban manual ini cukup banyak dicari oleh pemilik usaha di bidang otomotif.

Harga Alat Buka Ban Motor Manual

Tyre Changer Manual Atau Tyre Changer Automatic?

Bagi para pemilik usaha di bidang otomotif, mengetahui kelebihan dan kekurangan alat yang akan dibeli menjadi suatu kewajiban. Dengan mengetahui hal tersebut, pengusaha bisa menentukan jenis alat yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhannya.

Perbedaan mencolok yang sering dijadikan pertimbangan antara pembuka ban motor manual dengan pembuka ban otomatis terletak pada harga. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, harga pembuka ban otomatis jauh lebih mahal dibandingkan pembuka ban manual. Namun bukan tanpa alasan, mahalnya pembuka ban otomatis dikarenakan penggunaannya yang lebih mudah, lebih cepat, serta tidak membutuhkan tenaga yang besar.

Sementara itu, selain jauh lebih murah, pembuka ban manual memiliki kelebihannya sendiri, yakni hemat listrik. Pasalnya untuk menggunakan alat tersebut tidak diperlukan listrik saat mengoperasikannya. Hal tersebut bisa menghemat biaya produksi tidak tetap usaha Anda.

Berdasarkan beberapa pertimbangan tersebut, Anda bisa memilih alat buka ban motor manual apabila usaha Anda masih terbilang baru dengan modal terbatas. Namun jika Anda memiliki modal lebih, memilih alat buka ban otomatis bisa Anda pertimbangkan untuk investasi jangka panjang usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *