Inilah Alasan Mahalnya Harga Motor Vespa Yang Terlewatkan

Inilah Alasan Mahalnya Harga Motor Vespa Yang Terlewatkan

Vespa merupakan salah satu kendaraan roda dua yang telah naik daun hingga sekarang. Motor pabrikan Italia ini tergolong kendaraan yang cukup mahal harganya. Meskipun harga motor vespa tergolong mahal, namun peminat dari kendaraan ini tidak surut. Baik itu kalangan orang tua ataupun anak muda zaman sekarang.

Walaupun begitu, fitur yang diberikan pada vespa tergolong sedikit dibanding dengan motor-motor buatan Jepang. Lantas apa yang membuat harga kendaraan tersebut mahal?

Alasan Mengapa Harga Motor Vespa Mahal

Tentunya bagi para pecinta vespa mungkin telah mengetahui mengapa harga kendaraan tersebut sangat mahal dibanding dengan motor-motor Jepang. Vespa sendiri memiliki kelebihan yang tidak bisa Anda temukan di motor manapun yang membuat kendaraan ini memiliki nilai yang cukup tinggi. Berikut mengapa harga motor vespa sangat mahal bagi yang belum mengetahuinya.

  • Pabrikan Italia

Italia merupakan salah satu negara penghasil kendaraan vespa yang banyak dikenal oleh orang. Dengan mesin-mesin yang begitu prima dari negara tersebut, pastinya membuat harga vespa sangat mahal. Namun saat ini vespa sudah tidak diproduksi di negara tersebut, namun pabriknya sekarang berada di Vietnam. Harganya juga sedikit mengalami penurunan, namun tidak begitu tajam.

  • Banyaknya pengguna

Nilai keeksklusifan dari sebuah vespa tentunya sudah tidak diragukan lagi bagi para penggemar motor lawas ini. Banyaknya komunitas dari kendaraan ini juga menjadi sebuah nilai positif bagi vespa itu sendiri. Sehingga, tidak sedikit orang yang menggunakan vespa sebagai gaya hidupnya. Selain itu, bentuk yang unik dari kendaraan roda dua ini menjadi sebuah karakter tersendiri bagi para pengemudinya.

Terlebih lagi yang membuat harga motor vespa tersebut mahal adalah solidaritas antar sesama penggunanya. Tidak jarang pastinya dijumpai pengguna motor lawas tersebut yang menyapa dengan cara membunyikan klaksonnya pada pengemudi motor vespa lainnya.

  • Rangka monokok

Salah satu penyebab mahalnya harga motor vespa klasik adalah penggunaan sasis monokok. Maksud dari sasis monokok adalah bodi dan kerangka yang menjadi satu dan tidak bisa Anda temukan pada kendaraan roda dua buatan Jepang. Sehingga membuat motor ini memiliki ciri khasnya sendiri. Selain itu, yang membuatnya semakin mahal adalah kerangka tersebut terbuat dari bahan besi atau material yang lebih kuat dan tidak mudah rusak.

  • Kunci motor

Kunci motor yang terdapat pada vespa tidaklah sama dengan kunci-kunci motor pada umumnya. Pada kendaraan buatan Jepang, Anda tetap bisa berkendara tanpa menggunakan kunci yang telah dicabut setelah menyalakan motor. Akan tetapi, prinsip ini tidak bisa Anda gunakan pada vespa karena kuncinya tersebut.

Dengan menggunakan sistem immobilizer, tentunya menjadi alasan tersendiri mengapa harga motor vespa sangat mahal. Sistem tersebut menjadi salah satu sistem keamanan yang dimiliki oleh vespa. Sistem immobilizer merupakan salah satu pengkodean yang terdapat di kunci motor yang terhubung dengan Engine Control Module (ECU) secara langsung.

Oleh sebab itu, Anda tidak bisa menyalakan kendaraan tersebut apabila tanpa kunci aslinya. Sangat disarankan untuk tidak menghilangkan kuncinya apabila masih ingin menaikinya. Salah satu solusi pada saat kehilangan master key adalah mengganti ECU tersebut beserta kuncinya.

Itulah beberapa alasan mengapa harga motor vespa begitu mahal dibanding dengan sepeda motor Honda produksi Jepang. Dengan memiliki karakteristik sendiri, kendaraan tersebut masih menjadi rebutan para pecinta kendaraan roda dua klasik yang begitu fenomenal ini. Selain itu, motor tersebut juga bisa digunakan sebagai gaya hidup dan identitas penggunanya.

Sumber: TRijaya moToR PartS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *