Motor Yamaha Mio Dan Sejarahnya

Motor Yamaha Mio Dan Sejarahnya

Yamaha Mio adalah jenis motor skuter otomatis yang diproduksi oleh perusahaan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Pasar sepeda motor di Indonesia adalah pasar sepeda motor terbesar nomer 3 di dunia, tetapi pangsa pasar terbesar adalah motor berkapasitas mesin kecil bersama dengan jenis bebek (underbone) ciri khas Asia Tenggara. Hal ini agak kurang untung bagi produsen motor, gara-gara kecenderungan pasar sepeda motor dunia untuk sepeda motor berkapasitas mesin kecil adalah jenis skuter. Alasan ini jadi basic berasal dari Yamaha Indonesia untuk mencoba mempopulerkan skuter di Indonesia melalui Yamaha Nouvo terhadap tahun 2003, meskipun tidak begitu sukses tetapi kepeloporan Nouvo memudahkan Motor Yamaha Mio untuk mendapatkan kesuksesan di kemudian hari.

Motor Nouvo dipengaruhi desain jenis bebek (underbone), Namun Motor Yamaha Mio menganut desain bodi skuter murni. Hal ini mampu dicermati berasal dari lingkar roda yang kecil (14 inchi) membuat jarak yang lapang antara dua sumbu roda. Mari kita berbincang sedikit tentang permasalahan motor. Salah satunya merupakan Motor Yamaha Mio. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang sejarah Motor Yamaha Mio di Indonesia dari generasi ke generasi serta Varin- variannya. Nantinya kita kupas tuntas kekurangan serta kelebihannya dari tiap- tiap generasi Mio ini.

1. MotorYamaha Mio Generasi Pertama (2003– 2008)

Mio matik perdana lahir di Indonesia tahun 2003. Muncul dengan mesin berkapasitas 113 cc. Dikala itu motor ini langsung booming serta jadi primadona, menyaingi apalagi menggeser posisi bebek secara lama. Dalam perjalanannya, setelah itu nyatanya Mio mengukir sejarah yang luar biasa gemilang, ialah bagaikan motor penciptaan ke- 20 juta Yamaha Indonesia. Perihal itu terjalin tepatnya di Hari Kartini pada 21 April 2011. Perlu kalian ketahui gemilangnya mio ini dapat dilihat dari total penjualannya yang terhitung dari pertama kali timbul pada tahun 2003 sampai 2013 memegang lebih dari 7 juta unit.

2. Motor Yamaha Mio Soul Generasi Ke 2 (2007– 2012)

Berikutnya Yamaha melahirkan Mio Soul bagaikan penerus dari Mio generasi awal. Muncul masih dengan mesin semacam tadinya 113. 7 CC SOHC 2- Klep pendingin hawa AIS (Air Induction System) berkompressi 8. 8: 1. Sebagian bonus disematkan pada Mio Soul ini. Antara lain merupakan desain body yang lebih berisi serta lebih rendah. Mio Soul ini konon lebih normal digunakan dijalan daripada edisi sebelumya. Kapasitas tanki bensin Mio Soul ditambahkan supaya pengendara motor mio ini tidak sering mengisi bensin.

3. Motor Yamaha New Mio Generasi Ke 3 (2008– 2013)

Pada tahun 2008, Yamaha menyegarkan tampilan Mio dengan tajuk Yamaha New Mio serta ubah striping baru. Mesinnya tetep seperti yang sebelumnya. Diantara penyegara ini tidak hanya striping, merupakan wujud headlamp yang terbuat melengkung dengan sudut segitiga yang melengkung. Setelah itu pada bagian handgrip tidak luput dari sentuhan ubahan, plus dada depan ditukar dengan design yang Smiley. Yamaha pula menaikkan satu pilihan warna untuk motor mio ialah warna gold. Jadi, total terdapat 5 warna untuk motor New Mio ini, ialah gelap, merah, putih, hijau serta gold.

4. Motor Yamaha Mio Soul GT Generasi Ke 4 (2012– 2014)

Buat edisi ke 4 mio ini, Yamaha melaksanakan ubahan frontal dengan tajuk Soul GT. Mengusung teknologi canggih Yamaha Mixture JET- Fuel Injection (YMJET- FI). Motor ini nongol pada April 2012. Lampu depan berupa semacam sorot mata tajam serta kasar yang mempertegas kesan powerful jadi bukti diri motor ini. Bukti diri yang lain merupakan lampu senja (position lamp) Soul GT yang berupa angel eye (mata malaikat).

Mesin Motor Yamaha Mio Soul GT masih berkapasitas 113cc, 4 Langkah, 2 Valve SOHC. Pula masih berpendingin kipas. Energi maksimum 7, 75 ps( kw) pada 8. 500 rpm serta torsi maksimumnya 8, 5 N. meter( 0, 87kgf- m) pada 5. 000 rpm. Muncul dalam sebagian opsi corak New Mio Soul GT Street membagikan 5 corak opsi ialah Victorius Red, Thunder Blue, Regal Purple, Dazling Black, Serta Cosmic White.

5. Motor Yamaha Mio J Generasi Ke 5 (2012– 2014)

Mio J nongol pada Februari 2012. Nah yang menarik merupakan kalau ini ialah motor matik injeksi awal Yamaha Indonesia. Kala itu motor ini mengusung tagline Terus menjadi Kilat Terus menjadi Irit. It’ s Magic. Sebagian taknologi baru diusung, mulai dari Yamaha Mixture- Jet Fuel Injection (YMJet- FI), DiAsil Cylinder serta Forged Piston. Konon dengan teknologi ini akselerasi lebih kilat serta mengkonsumsi bahan bakar lebih irit 30%. Yamaha menghasilkan Mio J Family buat golongan universal serta spesial untuk kanak- kanak muda buat tampak lebih trendy diciptakan Mio J Teen. Terdapat pula Mio J Blackseries serta Mio J Sporty.

6. Motor Yamaha Mio Fino Generasi Ke 6 (2012– 2014)

Mio Fino diluncurkan pada bulan Januari tahun 2012 bertagline,“ Mio Fino, Fashionable Matic”. Motor ini muncul dalam 3 opsi, ialah Mio Fino Mode, Mio Fino Classic serta Mio Fino Sporty. Buat yang tahun 2012 masih karbu, tetapi yang 2014 telah memakai pengkabutan Injeksi. Penggunaan Mesin masih tetep sama dengan jenis motor Mio yang lainnya

7. Motor Yamaha Mio GT Generasi Ke 7 (2013– 2014)

Mio GT dikeluarkan pada Februari 2013, dengan tag line Change Your Life. Mio GT digadang- gadang jadi reinkarnasi legenda matik Indonesia Mio Sporty yang modern. Lebih dari 50 persen konsep desain Mio GT merupakan hasil kreasi para insinyur terpilih Yamaha Indonesia. Mio GT bermesin 4 tidak dengan kapasitas volume bahan bakar 113, 7 cc dengan konstruksi katup 2 Valve SOHC serta meggunakan pendingin kipas. Motor ini berdaya maksimum 7. 75 PS (5. 7 kW) pada 8, 500 rpm dengan torsi 8, 5 Nm (0, 87 kgf- m)/ 5000 rpm.

8. Motor Yamaha Mio M3 serta Mio Z Generasi Ke 8 (2014- Saat ini)

Yamaha Mio M3 serta Mio Z meluncur pada tahun 2014 serta masih eksis sampai saat ini. Mio Z muncul dalam kapasitas mesin yang lebih gede, 125cc Air cooled 4- stroke, SOHC, dengan power 7. 0 kW/ 8000 rpm serta torsi 9. 6 Nm/ 5500 rpm. Motor ini muncul dengan dibekali bebeapa fitur, mulai dari:

Smart Side Stand Switch melindungi keamanan pengendara sehingga tidak kurang ingat menaikkan side stand sehabis parkir. Memakai Mesin Blue Core 125cc yang Efektif, Bertenaga Profesional. rend corak masa saat ini. Terus menjadi keren serta style dengan sentuhan corak doff. Bagasi yang luas serta lega bisa menampung benda bawaan lebih banyak. Terus menjadi normal serta aman dengan ban serta velg lebar. Eco Indicator yang digunakan pada Mio Z buatnya terus menjadi irit lagi sebab dapat menegaskan pengendara buat berkendara dalam kecepatan normal serta konstan (20– 60 kilometer/ jam. Terus menjadi instan dengan Multifunction Key buat menghidupkan motor, membuka jok, mengunci stang, pengaman lubang kunci.

 

9. Motor Yamaha Mio s Generasi Ke 9 (2017- Saat ini)

 

Motor ini meluncur pada Oktober 2017 dengan target pada lady bikers. Motornya memanglah kalem bangetcocok buat perempuan. Lahir dengan segepok fitur, mulai dari: Lampu lebih cerah, modern serta awet. Membuat pengendara aman berkendara pada malam hari.

Fitur mutahir buat menciptakan posisi Motor yaitu. Ban tubles dengan tapak lebar buat Lebih aman serta normal dikala berkendara Diasli Cylinder berbahan aluminium silicon, diproses dengan teknologi modern. Buatnya kilat melepas panas. Piston dengan proses tempa sehingga lebih padat dibandingkan piston cetak.

Spesifikasi mesin nya memakai mesin Air cooled 4- stroke, SOHC. Silinder Single Cylinder, diameter x langkah 52, 4 x 57, 9 mm, kompresi 9, 5: 1, volume 125 cc, Energi maks 7. 0 kW/ 8000 rpm, torsi maks 9. 6 Nm/ 5500 rpm

Itulah diatas sedikit penjelasan tentang Motor Yamaha Mio, dan diatas kami juga telah menjelaskan tentang Motor Yamaha Mio dari generasi ke generasi. Menurut kalian yang mana yang kalian suka di antara 9 generasi Motor Yamaha Mio diatas. Yang jelas yang menurut kalian bagus ya serta memiliki peforma yang baik. Sekian artikel ini kami buat semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua dan dapat menjadi referensi untuk kalian yang akan membeli Motor Yamaha Mio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *