Pajak Kendaraan Bermotor dan Cara Menghitung Pajak

Pajak Kendaraan Bermotor dan Cara Menghitung Pajak

Apakah Kalian mengenali apa sesungguhnya pajak motor itu? Pajak motor tercantum dalam pajak progresif. Pajak progresif sendiri yakni pajak yang tarif pemungutannya cocok dengan persentase yang bertambah cocok dengan nilai objek pajak serta kuantitas ataupun jumlah dari objek pajak, dalam perihal ini motor merupakan objek pajaknya. Ada 2 tipe pajak progresif, ialah Pajak Pemasukan( PPh) serta Pajak Kendaraan Bermotor( PKB). Pajak motor tercantum di dalam Pajak Kendaraan Bermotor. Ada pula persentase tarif pajak progresif motor cocok dengan urutan kepemilikan kendaraan Kalian merupakan bagaikan berikut:

  1. MOTOR PERTAMA

    Persentase tarif pajak motor pertama adalah 1,5%

  2. MOTOR KEDUA

    persentase tarif pajak motor kedua adalah 2%

  3. MOTOR KETIGA

    persentase tarif pajak motor ketiga adalah 3%

  4. MOTOR KEEMPAT

    persentase tarif pajak motor keempat adalah 4%

Kemudian gimana metode menghitung pajak motor? Triknya lumayan gampang asalkan kita terlebih dulu mengenali dasar pengenaan pajak tersebut. Terdapat dua yang jadi dasar pengenaan pajak motor, antara lain:

-Nilai Jual Kendaraan Bermotor( NJKB), nilai jual tidaklah harga jual umum sesuatu kendaraan, melainkan nilai yang sudah diresmikan oleh Dispenda yang didapatkan dari Agen Pemegang Merk( APM)

-Bobot ataupun dampak negatif yang dapat merefleksikan tingkatan kehancuran jalur yang disebabkan kendaraan tersebut serta dinyatakan di dalam koefisien yang nilainya satu ataupun lebih.

Metode menghitung pajak motor cukuplah gampang, awalnya Kamu wajib mengenali NJK Motor Kamu. kita coba hitung dengan ilustrasi bagaikan berikut:

Metode Menghitung Pajak

Pak Agung mempunyai 5 motor yang jenis serta tahunnya sama. Dikenal pajak tiap- tiap motornya juga sama (perihal ini biar mempermudah buat memandang peningkatan pajaknya) ialah:

PKB: Rp450. 000

SWDKLLJ: Rp50. 000

Kemudian berapakah pajak masing- masing motor Pak Agung?

Pertama- tama hitunglah NJK nya:

NJK: (PKB x 2/ 3 x100)

=Rp450. 000 x 2/ 3 x 100= Rp30. 000. 000

Jadi pajak masing- masing motor Pak Agung yakni:

Motor Awal:

PKB: Rp30. 000. 000 x 1, 5%=

Rp450. 000

Motor Kedua:

PKB: Rp30. 000. 000 x 2%=

Rp600. 000( Terjalin Peningkatan

Motor Ketiga:

PKB: Rp30. 000. 000 x 2, 5%= Rp750. 000 (Terjalin Peningkatan)

Motor Keempat:

PKB: Rp30. 000. 000 x 4%=

Rp1. 200. 000 (Terjalin Peningkatan)

itulah diatas syarat pembayaran pajak motor, jika anda mengikuti prosedur yang telah ditetapkan tentu anda tidak akan kebingungan ketika akan mengurus pajak motor sendiri. selain mengenal apa itu pajak motor hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah cara pembayarannya dan syarat starat yang harus dibawa pada saat akan membayar pajak motor. Syarat-syarat yang harus disediaka memang lah cukup rumit bagi sebagian orang namun jika kita telah memahami dan mengetahuinya kita tidak perlu pusing dan susah untuk mengumpulkan syarat-syarat membayar pajak motor. Berikut ini adalah cara dan syarat-syarat dalam membayar pajak motor:

Persyaratan Membayar Pajak Motor

  1. kumpulkan semua berkas seperti ktp, stnk, dan bpkb. Setelah semuanya siap barulah anda berangkat ke kantor SAMSAT.
  2. Serahkan semua berkas-berkas yang telah dibawa ke loket pendaftaran.
  3. Jika anda selesai mendaftar tunggulah giliran anda dipanggil.
  4. Setelah nama anda dipanggil silahkan lakukan pembayaran dan menunggu kembali untuk di proses.
  5. Setelah itu anda akan dipanggil kembali untuk menyerahkan stnk serta nota pajak yang anda bayarkan telah ditandatangani dan dicap.

Namun jika anda diharuskan membayar denda pajak, anda harus mengetahui terlebih dahulu cara menghitung denda pajak yang akananda bayarkan agar anda tidak bingung anda harus mengeahui terlebih dahulu istilah-istilah dalam pajak motor diantaranya sebagai berikut:

  • BBN KB (Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor)

    20% untuk kendaraan dari harga faktur (baru) dan 2% untuk kendaraan seken.

  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalulintas Jalan)
  • PKB (Pajak Kendaraan Bermotor)
  • Biaya Adm / Biaya Administrasi
  • Denda Pajak Kendaraan Bermotor

itulah sedikit ulasan tentang pajak kendaraan bermotor dan syarat serta cara membayarnya semoga dapat bermanfaat dan menjadi wawasan untuk anda mengenai pajak kendaraan bermotor.

Does it have problems, or questions, which are intriguing? Does it seem cluttered, or uneven? When you’ve completed the newspaper, look at it again to see if you can identify one or more of

You want to get a summary of what it is you are going to affordable-papers.net write in your paper before you start writing your own paper.

these difficulties.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *